hay hay ! kali ini kita akan membahas seputar DIY nih Sobat Kriya , Siapa yang gk kenal sama papan tulis ? ya papan tulis yang bisa di tulis / gambar dan bisa di hapus , coba bayangkan jika papan tulis itu terdapat di mug kesayanganmu ? menarik bukan ? kalian bisa menuliskan sesuatu di mug harianmu yang bisa bikin kamu semangat hehe

Membuat mug unik menggunakan chalkboard paint. Chalkboard paint atau cat papan tulis hitam ialah salah satu cat favorit bagi pelaku DIY dunia, terutama yang berbasis di Amerika atau Eropa. Akan tetapi, ia masih kurang terdengar gaungnya di Indonesia. Ada beberapa hal seperti karena memang DIY masih kurang peminatnya di Indonesia atau mungkin bisa juga karena chalkboard paint sulit didapat di sini.

Ada banyak hal yang dapat kita buat menggunakan cat papan tulis hitam. Salah satunya ialah untuk mug dan gelas sehingga dapat digambar dan atau dinamai. Yuk langsung membuat mug unik memakai chalkboard paint.

Bahan Bahan

1. Chalkboard paint (cat papan tulis hitam)

2. lakban atau selotip

3. kuas

4. Kapur (lebih aman kapur anti debu, bisa dibeli di sini)

( Lihat Juga Produk Handicraft Dari Kriya : Disini )

Cara membuat:

1. tentukan dulu bagaimana kita ingin mewarnai mug atau gelas kita. Untuk lebih aman nya ialah di bagian bawah yag diwarnai. Kenapa? karena jika di bagian atas persis di bibir gelas, maka ia akan bersentuhan langsung dengan bibir kita, yang mana itu kurang aman. Kita tak ingin kan, minum air tapi ada residu dari kapur atau cat papan tulis hitamnya?

2. Setelah mantap dengan pilihan bagian mana yang ingin kita cat, batasi dengan menggunakan lakban atau selotip. Rekatkan lakban atau selotip kita mengitari mug atau gelas. Ia akan berfungsi sebagai pembatas agar rapih nanti hasil catnya.

3. ambil kuas kemudian tuangkan cat papan tulis kita di sebuah wadah, atau bisa juga langsung mengambil dari kalengnya lalu celupkan kuas kita ke cat. Mulai cat bagian gelas yang kita inginkan. Jika mengecatnya melewati lakban juga tidak apa-apa.

4. Lanjutkan langkah 1-3 pada gelas dan mug yang lain lalu biarkan cat nya mengering secara sempurna.

5. Lepaskan lakban setelah cat kering, kemudian kita dapat mewarnai dan atau menulisnya dengan menggunakan kapur. Lepaskan imajinasi mu!

Nah, ternyata sangat mudah kan? jiika imajinasi kalian semakin baik maka kreasi yang dihasilkan akan semakin bagus , coba memadu padankan dengan semua benda di sekitarmu , selamat mencoba