Flores, pulau yang terletak di di Nusa Tenggara Timur ini terkenal dengan berbagai tempat wisata seperti Labuan Bajo yang letaknya dekat dengan Pulau Komodo, dimana kita dapat menemukan tempat yang cocok untuk menyelam serta pantai yang menawarkan keindahan alami. Mari kita telusuri lebih jauh lagi beberapa tempat yang wajib dikunjungi di pulau "Bunga" yang eksotis ini.

1. Labuan Bajo, Kota Pelabuhan Yang Tak Kecil Lagi.

Photo Source

Labuan Bajo merupakan kota favorit bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Komodo. Para turis biasanya tidak terlalu menghabiskan banyak waktu di sini namun Labuan Bajo memiliki akses ke banyak tempat wisata khususnya untuk kalian yang senang menyelam ataupun snorkling dan kalian bisa menikmatinya di beberapa tempat seperti pulau Bidadari, pulau Seraya, pulau Sabolo, pulau Kanawa dan Sebayur. Di sebelah selatan dalam perjalanan menuju Rinca kita juga bisa mengunjungi pulau Kalong dimana kita bisa bermain Flying Fox juga loh! Oh ya, sesuai dengan namanya Kalong artinya kelelawar dan disana kita benar-benar bisa menikmati ribuan kelelawar terbang di sore hari loh.

Untuk tau lebih dalam lagi anda dapat membacanya disini

 

2. Pulau Komodo, Satu Dari Tujuh Keajaiban Dunia.

2_90.jpg

Photo Source

Sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, pulau Komodo biasanya merupakan tujuan utama para turis yang mengunjungi Flores. Komodo merupakan fauna yang unik dan terkenal karena merupakan kadal terbesar di dunia, namun bila kalian ingin menjelajah lebih dalam lagi dan mengenal lebih jauh tentang fauna yang satu ini sebaiknya dilakukan bersama dengan ranger yang dapat memandu kita disana. Hal ini sangatlah penting karena Komodo bukanlah hewan yang sepenuhnya jinak dan ia akan sangat agresif apabila merasa terganggu seperti yang dialami oleh turis ini.

Baca Juga Tips: Travelling tanpa travel agent? Siapa Takut!

 

3. Pink Beach, Pasir Dengan Warna Pink Yang Menggoda.

Photo Source

Pink Beach sebenarnya merupakan bagian dari pulau Komodo dan pantai dengan pasir pink seperti ini tidak banyak loh dan pantai ini sering disebut-sebut sebagai salah satu dari pantai dengan pasir terindah di dunia. Disini kita bisa bermain dengan pasir, snorkeling dan menikmati lautan yang bening sambil menikmati makan siang. Oh ya! Jangan mengambil pasir pink di pantai ini yah, karena hal tersebut hanya akan mengurangi keindahan pantai ini.

 

4. Pulau Padar, Pulau Berbukit Yang Masih Perawan

Photo Source

Pulau padar adalah pulau tak berpenghuni yang memesona dengan bentuk pulau yang berbukit-bukit dan bercabang seolah membentuk bintang. Di tempat ini, kita bisa menikmati sensasi berpetualang di tempat yang masih jarang dijamah oleh manusia dan beberapa tempat bahkan belum disentuh dikarenakan terjalnya jalur trekking disana. Tempat ini biasa dikunjungi apabila kita ingin menikmati matahari terbit di pagi hari ataupun tenggelam di sore hari, dan sangat disarankan agar tidak datang pada siang hari, seperti pengalaman yang dialami oleh turis yang satu ini. Oh ya, jangan lupa untuk menyiapkan sunblock untuk melindungi kulit kalian ya!

 

5. Gili Lawa, Pulau Yang Dapat Berubah Warna

Photo Source

Gili Lawa terletak di bagian timur-utara dari pulau Komodo dan pulau ini terlihat seperti padang sabana yang dipenuhi dengan rumput. Pada musim kemarau, pulau ini terlihat coklat sedangkan ketika musim hujan pulau ini berubah menjadi warna hijau. Gili Lawa merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan yang indah, dan satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah menikmati sunset di pulau ini.

Baca Juga Tips: Travel Hack Sederhana Yang Bisa Kamu Coba!

 

6. Waerebo, Komunitas Lokal Pada Desa Di Atas Awan

Photo Source

Desa yang satu ini dikenal sebagai desa di atas awan dikarenakan terkadang desa ini seperti terselimuti kabut yang menyerupai awan. Dari jauh dapat terlihat 7 buah rumah yang berbentuk kerucut dan merupakan rumah adat khas Flores yaitu rumah Gendang. Di desa ini kita bisa menikmati sejuknya udara serta merasakan hidup tanpa akses melalui telepon dan bahkan untuk listrikpun belum tersedia di sini sehingga kita bisa benar-benar menyatu dengan alam. Wae Rebo juga terkenal dengan kopinya dan memang mayoritas penduduk Wae Rebo memilih berkebun sebagai pencaharian utama mereka. Pada masa panen mereka akan melakukan sebuah ritual yang cukup dikenal yaitu Ritual Penti. Oh ya, bahkan pada tahun 2012, UNESCO menyematkan Wae Rebo sebagai UNESCO Asia-Pacific Heritage Award for Cultural Heritage loh!
 

Photo Source

 

7. Maumere, Teluk Yang Populer Sebagai Tempat Penyelaman Tertua

Photo Source

Para Snorklers dan Divers wajib menambahkan Maumere sebagai salah satu destinasi utama ketika mengunjungi Flores. Maumere memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa dan Maumere sendiri memiliki spot diving sampai 22 tempat loh! Selain tempat diving dan snorkling, Maumere juga memiliki pantai yang indah, yaitu pantai Koka yang terkenal dengan pantai pasir putih dengan air yang sangat bening.