Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Rem Blong Dengan Aman!

Entahlah mobilmu pada keadaan meluncur lambat atau cepat, pasti tidak tutup peluang akan berlangsungnya rem blong. Bila terjadi dalam permasalahan ini, kemungkinan kamu akan cemas dan tidak tahu harus melakukan perbuatan apa? ini dia Cara Mengatasi Rem Blong.

Jika sudah semacam itu, karena itu kamu harus terima resiko apa saja yang terjadi di jalan pada kamu . Maka, sebaiknya tidak boleh menanti karena fatal terjadi kepadamu. Karena, ada beberapa langkah untuk memperhitungkan kecelakaan rem blong yang harus kamu kenali.

Apa ya triknya? Berikut langkah menangani rem blong.

Baca Juga : Rental Mobil Bandar Lampung

1. Menghidupkan lampu hazard dan bunyikan klakson

Kemungkinan saat berkendaraan, kamu telah rasakan pertanda rem tidak berperan secara baik. Kamu harus selekasnya siaga dan memberi code ke pengendara lain jika ada yang tidak kelar nih dari mobilmu.

Karena itu cepatlah memencet tombol hazzard untuk menghidupkan lampu hazard dan janganlah lupa sekalian membunyikan klakson.

Karena, lampu ini berperan untuk berikan teguran ke kendaraan di belakangmu, agar semakin waspada atau memerintahnya untuk stop. Lampu ini bermanfaat untuk mengingatkan jika ada permasalahan pada mobilmu maupun kendaraan lain di muka mu.

2. Pompa pedal rem

Kamu dapat pompa pedal rem secara terus-terusan saat rem blong. Kemungkinan kelihatan kurang efisien. Tetapi, langkah ini masih tetap jadi jalan keluar yang banyak sukses , lho.

Kamu harus terus memompa sampai tekanannya normal kembali. Bila memang kendaraan mendadak terjadi anti locking bracking (ABS), sedapat mungkin kamu tetap harus terus memompanya.

Dengan langkah ini, lama-lama penekanan pada rem akan balik normal. Karena, saat pedal rem berasa berat atau kasar saat di pompa, itu tanda ada sesuatu hal yang tidak kelar pada pedalnya.

Maka kamu dapat selekasnya kurangi kecepatan mobil dan minta bantuan keapda penumpang lain, untuk dapat check sisi rem agara ketahui adakah benda yang menjejal atau mungkin tidak pada pedalnya?

3. Turunkan gigi

Nach, langkah yang dapat sekali kamu kerjakan dengan manfaatkan tehnik engine brake di pedal rem, yakni turunkan kecepatan mobil dengan memercayakan perputaran mesin saat kamu turunkan gigi ke transmisi yang lebih rendah.

Tetapi, kamu harus yakinkan dulu, tipe mobil apa yang kamu pakai saat terjadi rem blong. Bila bertransimisi manual, karena itu kamu harus turunkan gigi transmisi dengan bertahap dan dengan pergerakan cepat.

Contoh, kamu sedang ada di status gigi empat, karena itu turunkanlah dalam pergerakan cepat tetapi perlahan-lahan. Janganlah sampai kamu turunkan gigi dari 4 langsung ke nomor 1. Pasti ini hal ini yang mengakibatkan mobill tidak dapat dikontrol.

Bila kamu memakai mobil matik, karena itu langsung turunkan gigi ke nomor satu. Langkah ini akan jadikan mobilmu meluncur lamban dan rem juga normal kembali secara perlahan-lahan. Kamu harus optimis lakukan langkah ini, tidak boleh sangsi hingga tidak terjadi hal yang tidak diharapkan dalam peristiwa rem blong ini.

4. Gunakan rem tangan

Bila kamu tidak berhasil lakukan beragam langkah di atas, kamu coba pakai jalan keluar seperti manfaatkan rem tangan. Dalam langkah ini, memang harus berhati-hati supaya tidak sembarangan melepaskan rem tangan yang dapat berbuntut fatal. Kamu dapat ambil rem tangan secara perlahan-lahan dan rasakan gigitanya di kaliper roda.

Jika kamu telah berasa rem sudah menggigit, makan tidak boleh bebaskan dan diamkan saja sampai mobil meluncur lamban. Kamu harus jeli supaya bisa atur penekanan rem hingga tidak lenyap kendalian.

Tetapi ingat, tidak boleh kerjakan langkah ini pada kondisi cemas dan tiba-tiba. Karena, ini dapat mencelakakan kamu dan orang di sekelilingmu.

5. Tidak boleh matikan mesin apa lagi pijak pedal gas

Beberapa orang yang memandang jika mematikan mesin sebagai salah satunya langkah pas untuk menangani rem blong. Lebih bagus tidak boleh matikan mesin apa lagi pijak pedal gas saat terjadi kasus ini. Karena, dengan mematikan mesin, itu cuma merepotkanmu dalam mengontrol kecepatan kendaraan, loh.

Kamu harus juga menghindari kaki dari pedal gas supaya kakimu tidak menginjaknya. Ini pasti untuk menghindar karena yang hendak muncul saat secara tidak menyengaja mencapai pedal gas, seperti menubruk kendaraan lain atau hal apa saja yang berada di depanmu.

Meskipun tidak dapat mencapai, kamu bisa mengguncangkan pedal rem. Cukup guncang pedalnya secara perlahan-lahan sampai keadaan rem normal. Harus diingat, rerata pemicu rem tiba-tiba blong karena alami masalah mekanisme.

Baca juga : Rental Mobil Lampung

6. Mengetepikan mobil ke lajur penyelamat

Bila lajur yang kamu lalui ada emergensi safety tempat atau lajur penyelamat. Kamu langsung bisa mengetepikan mobilmu ke situ, umumnya lajurnya ini berada di samping kiri jalan. Lajur penyelamat ini seperti tanjakan, dengan lebar tiga mtr., panjang 20 mtr., dan ketinggian enam mtr..

Lajur ini berdasarkan batu-batuan kecil dan pasir hingga sanggup hentikan kecepatan kendaraan. Bila tidak ada lajur penyelamat pada jalanan yang kamu lewati, kamu dapat mengetepikan mobilmu ke pundak jalanan.

Oya,Cara Mengatasi Rem Blong pada kondisi rem blong dan semua usaha tidak dapat terlaksanakan, kamu bisa menabrakkan mobilmu mengarah benda lunak yang berada di sekitaran, seperti gundukan pasir, pagar kayu, lumpur, dan lain-lain.