Cara Install Printer

Cara Install Printer ke Komputer atau Laptop Semua Merk – Teknologi berkembang dengan sangat cepat dan juga luas. Banyak hal baru yang terus bermunculan dan juga kemudahan di berbagai bidang. Semua hal tersebut dikarenakan teknologi yang semakin berkembang.

Seperti salah satunya pada perkembangan elektronik, seperti komputer atau laptop. Banyak sekali di berbagai bidang semua sudah hampir menggunakan salah satu dari benda itu.

Sekolah pun dari sejak TK sudah diperkenalkan dengan benda- benda tersebut. tugas yang diberikan pun mulai dikerjakan dengan komputer atau laptop. Apalagi di masa pandemi yang hampir semua bidang dikerjakan secara online.

Pekerjaan atau pun tugas sekolah yang harus dicetak akan menghabiskan banyak biaya jika kita melakukannya secara terus menerus di tempat print yang berbayar ya.

Jika di kantor pasti akan menyediakan printer untuk menunjang efektivitas kantor ya.

Dengan menggunakan printer kita dapat mencetak dokumen atau pun tugas yang sedang kita kerjakan tersebut ya. Maka banyak juga yang mulai menggunakan printer untuk kebutuhan tersebut.

Namun sayangnya, masih banyak sekali yang kebingungan dan juga kesulitan dalam menghubungkan printer dengan komputer atau laptopnya.

Untuk menghubungkan kedua perangkat ini, tentunya kita harus menginstall printer tersebut agar dapat terhubung pada laptop atau pun komputer yang akan digunakan ya.

Memang pada printer tersebut telah diberikan buku panduan bagaimana cara menginstall printer ke perangkat komputer atau laptop ya bahkan secara lengkap. Namun tetap saja masih banyak yang bingung bagaimana cara menginstallnya.

Kamu tidak perlu takut, karena Kriya kali ini akan membahas dan memberi tahu kamu bagaimana cara install printer dengan mudah ke komputer atau laptop untuk semua merk ya. Kuy simak pembahasan artikel di bawah ini ya.

Cara Install Printer ke Komputer atau Laptop

Printer merupakan alat elektronik yang dibutuhkan sebagai pelengkap dari komputer atau laptop yang dapat membantu kamu dalam mencetak berbagai pekerjaan atau tugas seperti foto, word, pdf, dan lain sebagainya.

Meskipun kamu belum memiliki printer tidak ada salahnya kamu mengetahui cara memasang printer ini ya. Siapa tahu ada tetangga atau kerabat yang meminta tolong untuk menginstallkan printernya.

Cara Install Printer

Cara Install Printer ke Komputer atau Laptop

Terdapat berbagai cara untuk menginstall printer kamu, bisa menggunakan CD Drive. Namun, ternyata kamu tetap bisa menginstall printer tersebut meski tidak memiliki CD Drive loh.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara install printer supaya dapat terhubung ke komputer atau laptop, antara lain:

1. CD Drive

Saat kita membeli printer, kita memang akan memperoleh CD Drive ya yang akan digunakan untuk menginstall printer tersebut.

Pada komputer atau pun laptop memang disediakan ROM Drive, sehingga CD Drive dapat dimasukkan ya.

Kamu hanya tinggal memasukkan CD Drive tersebut pada ROM Drive, kemudian kamu tinggal mengikuti perintah yang keluar step by step saat memasukkan CD Drive nya ya.

Proses akan berjalan dengan baik dan terinstall secara penuh atau 100% itu artinya kamu komputer atau laptop kamu sudah terhubung dengan printer. Kamu dapat menggunakan printer kamu.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dalam menginstall berbagai aplikasi lainnya.

Jangan khawatir bagi kamu yang menggunakan notebook yang tidak memiliki ROM driver. Kamu dapat menggunakan bantuan ROM eksternal driver yang dapat digunakan tentunya untuk membantu kamu dalam menginstall printer tersebut ya.

2. Tanpa CD Drive

Tanpa CD Drive

Cara yang pertama memang lebih mudah dan praktis, namun kamu tidak perlu khawatir bila tidak bisa menggunakan CD Drive atau tidak memiliki CD Drivenya.

Kamu tetap bisa menginstall printer tersebut tanpa menggunakan CD Drive. Bagaimana caranya?

Adapun berikut ini merupakan langkah- langkah untuk menginstall printer tanpa menggunakan CD Drive yaitu:

  • Buka menu Control Panel, kemudian masuk ke Devices and Printer
  • Klik Add a printer untuk melakukan langkah selanjutnya
  • Akan muncul kotak dialog pilihan untuk Printer Port untuk mengatur pilihan yang terbaik
  • Kemudian cek melalui situs resmi dari merk printer yang kamu gunakan. Dan kamu dapat mencari link software printer tersebut kemudian download.

Nah setelah mendownload softwarenya kamu tinggal mengikuti langkah dan petunjuk yang telah tersedia ya.

Memang terlihat sedikit ribet ya tapi kamu bisa mencoba untuk menggunakan cara ini.

3. Driver Unduhan

Berikut ini merupakan langkah- langkah untuk menginstall printer menggunakan driver hasil dari unduhan yaitu:

  1. Buka website resmi merk printer kamu. Perlu diperhatikan bahwa kamu harus mendownload karena terdapat berbagai jenis driver dalam website tersebut. pilih dan download software yang tepat sesuai dengan jenis printer kamu ya.
    • Gunakan search bar yang berada di pojok kanan atas untuk melakukan scrolling hasil pencarian supaya lebih cepat ya.
  2. Software yang kamu unduh berupa file winrar ya, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tinggal mengekstrak file tersebut dengan cara klik kanan file tersebut dan klik Extract Here.
  3. Double klik atau buka Setup File dengan eksistensi EXE. Hal ini dilakukan untuk memulai proses instalasi. Ikuti setiap perintah yang diberikan ya.
  4. Setelah proses instalasi telah selesai kamu akan diminta untuk restart komputer atau laptop. Ini dilakukan agar software dari drive tersebut dapat terinstall dengan baik pada komputer atau laptop kamu.
  5. Kemudian kamu sambungkan kabel bawaan dari printer ke komputer atau laptop setelah proses restart selesai. Cara ini untuk menguji apakah printer telah terinstall atau belum pada komputer atau laptop kamu.

Cara ini masih berhubungan dengan cara yang kedua ya karena sama- sama tidak menggunakan CD Drive.

Perlu diperhatikan. Kamu harus berhati- hati ketika mendownload file tersebut ya. Karena bisa saja file tersebut merupakan virus, ransomware, dan lain- lain yang berasal dari website abal- abal.
Kamu harus memastikan website yang kamu buka tersebut merupakan website resmi dari merk printer kamu ya.

Bagaimana? Apakah cara- cara yang telah dijelaskan di atas tersebut mudah untuk dimengerti?

Kamu dapat mencoba cara tersebut pada perangkat kamu ya. Pastikan kamu juga mencoba untuk memprint satu lembar saja untuk mengetes apakah printer tersebut telah terhubung atau belum.

Tips

Selain cara- cara tersebut kamu jika bisa meminta tolong pada teman kamu yang lebih mengerti jika merasa kesulitan ya.

Atau jika kamu memiliki CD Drive tapi yang kamu miliki yaitu notebook kamu bisa meminta tolong teman kamu yang memiliki komputer atau laptop untuk menyimpan file yang ada pada CD Drive tersebut ke flash drive atau burn drive kalian pada flashdisk atau hardisk ya.

Baca Juga:

Demikian penjelasan Kriya tentang cara install printer ke komputer atau laptop untuk semua merk ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu mengatasi masalah perinstallan printer. Terima kasih.