Dwika Collection

Awalnya didirikan karena kebutuhan finansial, Dwika Collection saat ini telah berkembang menjadi usaha konveksi yang sukses dan memiliki beberapa boutique. Dimulai dengan hanya 1 orang karyawan saja pada tahun 1999, UKM ini sekarang telah memiliki 20 orang karyawan yang semuanya berasal dari warga sekitar.

Adalah Ibu Dwi Rahayu yang menjadi motor penggerak UKM ini. Dengan berbekal pengalaman sebelumnya sebagai pengusaha, ibu Dwi dengan tangan dinginya berhasil mengembangkan Dwika Collection menjadi salah satu boutique busana muslim yang memiliki koleksi lengkap, dari mukena, hijab, dan busana muslim wanita lainnya hingga baju koko, dan kaos. Bermacam-macam model busana telah dihasilkan oleh Ibu Dwi, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Semuanya merupakan hasil design dari beliau sendiri, yang berawal dari ide kecil, kemudian di tuang dalam bentuk design sederhana, dan berkembang menjadi pola, dan yang akhirnya menjadi karya akhir berupa busana yang indah, berkualitas dan nyaman dipakai.

Dalam usia perusahaan yang telah mencapai 17 tahun, tentu saja telah banyak pengalaman menarik yang dialami oleh Ibu Dwi dan Dwika Collection nya, sebut saja salah satunya tertipu dalam berdagang. Akan tetapi, hal tersebut tidak mematahkan semangat dan tekadnya untuk berjuang membesarkan bisnis ini. Ada rasa bahagia saat menerima order yang datang berulang dari konsumennya (repeat order) dan kepuasan mengetahui bahwa produknya disukai oleh para konsumen. Ia selalu menjaga moto perusahaannya, yaitu : Kejujuran yang utama.

Ibu Dwi juga mengenang saat-saat dimana beliau mendapat hambatan permodalan dan pemasaran. Saat itu beliau membutuhkan tambahan modal untuk membeli peralatan. Namun untuk usaha kecil seperti UKM yang dimilikinya, saat itu cukup sulit untuk mendapatkan bantuan dana karena keterbatasan jaminan, dan persyaratan lainnya. Saat itulah Telkom melalui CDC nya hadir untuk memberikan bantuan finansial kepada Dwika Collection. Dengan dukungan tersebut, Ibu Dwi berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi seperti sekarang ini.

‘Tahan banting dan siap mental’ itulah prinsip yang diajarkan oleh Ibu Dwi Rahayu bagi mereka yang ingin memulai usaha sendiri dan menjadi wiraswasta. Dengan prinsip itulah, Dwika Collection kini melangkah ke tahap berikutnya dari perjalanan bisnisnya, yaitu menjadi pemain global busana muslim.